Blog

Pilkada Serentak 2018 : Buat “Road Map” Kemenangan PilkadaMu.

Pilkada Serentak 2018

Buat Peta Jalan “Road Map” Kemenanganmu. Buatlah Road Map atau sebut sajalah Peta Jalan Menuju Kemenangan, maksudnya agar semua potensi yang ada tahu persis jalan yang akan di lalui. Jangan sampai oleh karena adanya suatu kesulitan atau adanya suatu “pemandangan yang indah” maka lupa akan tujuan semula. Karena itu susunlah Peta Jalan Suksesmu dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Adanya seorang Kandidat yang akan di usung. Anda berarti sudah mempunyai seorang kandidat yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya untuk anda dan Tim Sukses Anda mendukungnya sehingga bisa memenangkan Pilkada di wilayah Anda.
  • Perhatikan kemampuan Dukungan Finansialnya. Jangan lupa kadang-kadang meski seorang kandidat lemah dalam hal keuangan, tetapi justeru mempunyai “nilai Jual” yang tinggi. Maksudnya mudah dapat dukungan dimana-mana dan diperkirakan akan mudah mencari dukungan keuangan bila dilakukan upaya lewat “pengumpulan dana” dari para warga yang cenderung akan jadi pendukungnya.
  • Kenali Wilayah yang akan jadi lokasi pemilukada, artinya Anda sudah tahu seperti apa wilayah tersebut mulai dari sisi geografisnya, dari adat-istiadatnya, dari tingkatan ekonomi warganya dan dari sisi kesenangannya. Dengan demikian Anda sudah punya ancar-ancar seperti apa Tim Sukses yang perlu dibentuk untuk mendukung Anda dalam menggoalkan Kandidat Anda jadi pemenang Pilkada di wilayah tersebut.
  • Rencanakan dan Bentuk Tim Sukses anda secara matang, mulai dari bentuk dan jumlah-jumah Unit yang akan dilibatkan sesuai karakter daerah, serta seleksi personil yang akan mengawakinya secara baik dan cermat dan juga melakukan pelatihan bagi masing-masing anggota Tim Sukses. Baik secara keseluruhan ataupun untuk unit per unit.
  • Tentukan dimana Anda menempatkan pusat-pusat kegiatan Tim Sukses Anda, maksudnya dimana lokasi kantor Pusatnya, lokasi cabang dll.
  • Susun jadwal dan kegiatan Tim Sukses mulai dari hari pertama hingga saat pelantikan tiba bahkan sampai dengan syukuran dan pembubaran Tim Suksesnya

Road Map yang akan di susun tersebut harus memperhatikan waktu yang tersedia dengan demikian peta jalan itu nantinya akan berisi jadwal kegiatan dari masing-masing Unit Tim Sukses secara real time dalam artian sudah sesuai dengan jadawal Pemilikada yang benar. Untuk jelasnya berikut kita sertakan di sini jawal Pemilukada untuk Tahun 2018. Berikut Tahapan Pilkada Serentak 2018 Berikut Jadwal Lengkapnya :

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Rabu (14/6/2017) meluncurkan jadwal resmi tahapan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2017, Pasal 4 disebutkan tahapan pemilihan terdiri atas tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Saat ini KPU terus menyelesaikan tahapan persiapan antara lain, penyusunan dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), pengolahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), serta pemutakhiran data dan daftar pemilih.

“Tahapan penyelenggaraan akan dilaksanakan pada September, setelah penerimaan DAK2 pada 31 Juli 2017”.  Dalam lampiran PKPU Nomor 1 Tahun 2017 disebutkan, kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dimulai pada hari 14 Juni 2017. Sedangkan pembentukan PPK dan PPS akan dimulai 12 Oktober 2017.

Pengolahan DP4 akan dilakukan dari 24 November 2017 hingga 30 Desember 2017. KPU akan mulai melakukan proses pemutakhiran data dan daftar pemilih pada 30 Desember 2017.

Penerimaan DAK2 akan dimulai 31 Juli 2017 dan pendaftaran pasangan calon akan dimulai pada 1 Januari 2018.

Masa kampanye sendiri akan dimulai pada 15 Februari 2018 dan masa tenang dan pembersihan alat peraga akan dimulai pada 24 Juni 2018.

Adapun pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018 sendiri akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Sedangkan rekapitulasi akan dilaksanakan pada 28 Juni 2018. Secara Rinci sebagai berikut  Selanjutnya baca Bukunya Di Sini.  

Your Advertisement Here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *